Pusat Karir

Keberhasilan lulusan perguruan tinggi (PT) dalam memasuki dunia kerja merupakan salah satu indicator outcome pembelajaran dan relevansi PT bagi masyarakat. Dengan demikian, PT bertanggung jawab tidak hanya untuk melengkapi lulusan dengan kompetensi tertentu (output pembelajaran) tetapi juga wajib memfasilitasi dan menjembatani lulusan memasuki dunia kerja. Keberadaan Pusat Karir di PT mencerminkan tanggung jawab dan layanan PT bagi lulusan baru pada khususnya, dan mahasiswa pada umumnya sebagai calon lulusan. Oleh sebab itu pengelolaan yang serius dan dilakukan secara professional akan memberikan hasil yang memuaskan. Yang dimaksud dengan penanganan serius dan professional di sini adalah bahwa kegiatan pusat karir dibentuk sebagai lembaga atau unit kegiatan tersendiri di dalam perguruan tinggi dan ada staf yang bertanggungjawab dalam pengelolaannya.

Di UKWMM, keberadaan struktur organisasi Pusat Karir PT berada atau dibentuk sebagai lembaga tersendiri yang bertanggung jawab kepada rektor melalui wakil rektor I bidang Akademik. Pusat Karir UKWMM telah dibentuk sejak tahun 2013 dan kepengusurannya selama 2 tahun. Pada tahun 2015 telah dibentuk kepengurusan terbaru berlaku sejak 01 Desember 2015 berdasarkan SK Rektor UKWMM Nomor 652.1/WMM.01/OT/12/2015. Struktur organisasi Pusat Karir UKWMM disajikan dalam gambar sebagai berikut :

 

Kepala Pusat Karir : F. Gatot Iman Santoso, S.Si., M.Pd.

Pusat Karir Johan Kristanto, S.S., M.Hum

Kesekretariatan :

1) Arma Ristyawan

2) Nike Kartikasari

Bidang Pelatihan dan Pengembangan Karir : Herdina Tyas Leylasari, M.Psi., Psi.

Bidang Pengembangan Jejaring & Bursa Kerja : Andreas Budiarto, S.E., M.Ec.Dev

BidangĀ  Tracer Study : Margaretha Dwi Cahyani, S.Pd., M.Si.

 

UKWMM sebagai institusi yang setiap tahunnya menghasilkan lulusan mempunyai tanggung jawab moral melalui Pusat Karir untuk menjamin lulusannya cepat memperoleh pekerjaan melalui pelatihan-pelatihan soft skill dan informasi lowongan pekerjaan yang mutakhir. Kecepatan dalam memperoleh informasi lowongan pekerjaan dan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan diharapkan mampu memperpendek masa tunggu lulusan dalam mendapatkan pekerjaan. Selain itu, lulusan UKWMM juga diharapkan mempunyai kompetensi yang mandiri dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain dan dirinya sendiri. Pembekalan yang berupa keterampilan-keterampilan yang menunjang kompetensi lulusan melalui pelatihan yang diadakan UKWMM diharapkan dapat membantu lulusan siap menghadapi persaingan di dunia kerja. Dengan demikian, dampak yang diharapkan bagi UKWMM dengan adanya Pusat Karir adalah masa tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan menjadi lebih pendek, lulusan mempunyai bekal keterampilan-keterampilan yang menunjang kompetensi dalam dunia kerja, dan lulusan mampu bersaing dalam berkarir di dunia kerja dengan lulusan dari perguruan tinggi yang lain.

Berdasarkan SK Rektor tersebut, Rektor memberi tugas dan kewenangan kepada kepengurusan Pusat Karir UKWMM untuk menangani dan mengelola kegiatan (1) Pelatihan dan Pengembangan Karir; (2) Pengembangan Jejaring dan Bursa Kerja; dan (3) Tracer Study, serta informasi karier di Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Di masing-masing kegiatan tersebut ditangani oleh satu dosen yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan tersebut.

Kegiatan pelatihan dan pengembangan karir yang akan dilakukan oleh Pusat Karir UKWMM ini bertujuan untuk memberikan bekal dan wawasan kepada mahasiswa mengenai dunia kerja dan tantangan dunia kerja di masa yang akan datang. Harapan kegiatan ini diadakan adalah mahasiswa sebagai calon alumni UKWMM sudah memahami cara membuat lamaran kerja yang baik, sudah memahami teknik menghadapi wawancara kerja, dan lebih lagi kelak akan lebih siap menghadapi persaingan di dunia kerja, serta memiliki visi-misi untuk berkarir yang baik.

Kegiatan pengembangan jejaring dan bursa kerja yang akan dilakukan oleh Pusat Karir UKWMM ini bertujuan untuk mengembangkan jejaring alumni, baik di tingkat program studi maupun di tingkat universitas, serta memberikan informasi lowongan kerja, baik dalam bentuk pengumuman maupun dalam bentuk bursa kerja. Harapan kegiatan ini diadakan adalah terbentuk jejaring alumni dalam bentuk ikatan alumni, baik di tingkat program studi maupun di tingkat universitas, serta dengan adanya bursa kerja lulusan UKWMM dapat langsung memperoleh pekerjaan yang berakibat waktu tunggu lulusan akan lebih pendek lagi.

Kegiatan Tracer Study yang akan dilakukan oleh Pusat Karir UKWMM ini bertujuan untuk melacak jejak lulusan/alumni yang dilakukan 2 tahun setelah lulus dan bertujuan untuk mengetahui : (1) Outcame pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja (termasuk masa tunggu kerja dan proses pencarian kerja pertama), situasi kerja terakhir, dan aplikasi kompetensi di dunia kerja; (2) Output pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi; (3) Proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi. Harapan kegiatan ini diadakan adalah untuk membantu UKWMM dalam mengetahui posisi lulusan yang telah terserap dalam duni kerja serta menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetensi yang diperlukan di dunia kerja.